Pengantar Bisnis dan Manajemen

PERBANAS. I'am the Best u're The best We're the best yess!!

SOAL-SOAL

Written By: marisa lutfia firdiana

SOAL-SOAL PENGANTAR BISNIS DAN MANAJEMEN

Materi 1 (Mengelola dalam Lingkungan Bisnis Dinamis: Mengambil Risiko dan Menghasilkan Laba)
1.Apakah perbedaan antara pendapatan dan laba?
Jawab:Pendapatan (revenue) adalah jumlah total uang yang didapat sebuah bisnis dalam satu periode tertentu dengan menjual barang dan jasa.
Laba (Profit) adalah jumlah uang yang diperoleh sebuah bisnis selain   jumlah yang dikeluarkan untuk gaji dan biaya-biaya lainnya
2.Apakah risiko itu dan bagaimanakah kaitannya dengan laba?
Jawab:Risiko ( Risk) adalah peluang seorang usaha kehilangan waktu dan uang dalam sebuah bisnis yang mungkin nantinya terbukti tidak menguntungkan. Dan kaitannya  adalah bagi perusahaan yang mengambil risiko terbesar mungkin akan menghasilkan laba terbanyak.
3.Apa sajakah keuntungan bagi orang lain?
Jawab:Keuntungan bekerja bagi orang lain adalah adanya orang lain atau bos(pemilik usaha) yang mengambil risiko kewirausahaan dan juga dapat memberikan manfaat-manfaat seperti waktu liburan berbayar dan asuransi kesehatan.
4.Apakah definisi produktivitas itu?
Jawab: Produktivitas adalah Jumlah keluaran yang dihasilkan dengan menggunakan jumlah masukan tertentu.misalnya( jumlah jam kerja)
5.Apa saja hal-hal yang dapat dilakukan pemerintah Negara berkembang untuk mengurangi risiko memulai bisnis?
Jawab: 1. Pemerintah dapat mengizinkan  kepemilikan bisnis perorangan
2.Menerbitkan undang-undang yang memungkinkan pelaku bisnis untuk menulis kontrak-kontrak yg berlaku di peradilan
3. membantu mengurangi korupsi dalam bisnis dan pemerintahan
4. menjaga pajak dan regulasi pada tingkat minimum
6.Sebutkan lima unsur dalam lingkungan bisnis?
Jawab:1. Lingkungan Ekonomi dan hokum
2. Lingkungan teknologi
3. Lingkungan persaingan
4. Lingkunga Sosial
5. Lingkungan bisnis Global
7.Apa saja dampak dari perang dan terorisme di masa depan?
Jawab:Beberapa bisnis, seperti yang berada dalam industry pertahanan,mungkin mencapai kemakmuran .Hali lainnya seperti pariwisata mungkin mengalami kerugian .salah satu cara untuk meminimalkan ketegangan dunia adalah dengan cara membantu Negara-negara yang belum maju untuk menjadi lebih makmur.
8.Sebutkan yang termasuk dalam Jasa Pribadi?
Jawab:1. Studio Fotografi
2. penitipan anak
3. Pembersih karpet
4. Salon kecantikan
5. layanan Popok
9.Sebutkan yang termasuk dalam Layanan Kesehatan?
Jawab: 1. Dokter
2.Dokter Gigi
3. perawatan Bayi
10.Apa saja cara-cara yang dapat dilakukan bisnis untuk menjawab dan mengalahkan persaingan?
Jawab:caranya dengan menghasilkan produk berkualitas tinggi dan perusahaan juga berusaha untuk melebihi harapan pelanggan.

 

 

MATERI 2 (Memilih untuk kepemimpinan bisnis)
1.Apa saja keuntungan dari perusahaan kepemilikan tunggal?
Jawab:1.Kemudahan untuk memulai dan     mengakhiri bisnis
2.Menjadi atasan anda sendiri
3.Kebanggaan atas kepemilikan
4.Kepemilikan atas laba perusahaan
2.Apa saja Kerugian Dari perusahaan kepemilikan tunggal?
Jawab:1.Kewajiban tidak terbatas
2.Sumber daya financial yang terbatas
3.Kesulitan manajemen
4.Pertumbuhan yang terbatas
3.Apakah perbedaan antara rekanan terbatas dan rekanan umum?
Jawab:Rekanan terbatas adalah pemilik yang menginvestasikan uang dalam bisnis tetapi tidak mempunyai tanggung jawab manajemen atau kewajiban untuk kerugian di luar investasi tersebut.
Rekanan umum adalah seorang pemilik (rekanan) yang mempunyai kewajiban tidak terbatas dan aktif dalam mengelola perusahaan.
4.Apakah keuntungan dan kerugian dari Perusahaan rekanan?
Jawab:Keuntungan:
a. Lebih banyak sumber financial
b. Kemampuan bertahan hidup lebih lama
c. Tidak ada pajak khusus
Kerugian:
a. Kewajiban tidak terbatas
b. Pembagian laba
c. Perselisihan antar rekan
5.Apakah peranan dari Koperasi?
Jawab:Koperasi dibentuk untuk memberi anggotanya kekuatan ekonomi yang lebih besar dibandingkan kekuatan mereka secara individu.
6.Sebutkan Keuntungan Dari Koperasi?
Jawab:1. Kewajiban yang terbatas
2. Lebih banyak uang untuk investasi
3. Kemudahan untuk menarik karyawan yang berbakat
4. Kemudahan dalam perubahan kepemilikan
7.Sebutkan Kerugian dari koperasi?
Jawab:1. Kesulitan untuk mengakhiri
2. Kemungkinan konflik antara pemegang saham dan dewan direktur
3. ukuran
8.Sebutkan Definisi dari Korporasi S?
Jawab:Korporasi S adalah kreasi pemerintah yang unik yang terlihat seperti korporasi, tetapi dipajaki seperti perusahaan kepemilikan tunggal dan perusahaan rekanan.
9.Jelaskan Perbedaan antara Merger dan Akuisisi?
Jawab:Merger adalah hasil dari dua perusahaan yang membentuk satu perusahaan.
Akuisisi adalah satu perusahaan membeli properti dan obligasi dari perusahaan lain.
10.Jelaskan perbedaan antara Merger Vertikal dan merger Horizontal?
Jawab:Merger Vertikal adalah penggabungan dua perusahaan yang terlibat dalam tahapan berbeda dalam bisnis yang terkait.
Merger Horizontal adalah menggabungkan dua perusahaan dalam industri yang sama dan memungkinkan mereka untuk melakukan diversifikasi untuk mengembangkan produk mereka.

 

 

materi 3 (pemasaran : membangun hubungan pelanggan)
1. Apa yang dimaksud dengan Pemasaran ?
Jawab: Pemasaran (marketing) adalah proses perencanaan dan pelaksanaan konsep, penetepan harga, promosi, serta     distribusi barang dan jasa untuk memfasilitasi pertukaran     yang memenuhi objektif individual dan organisasional.
2. Terbagi atas berapakah Konsep Pemasaran ?
Jawab:Konsep Pemasaran memiliki tiga bagian, antara lain :
•    A. Orientasi Pelanggan artinya menemukan apa yang diinginkan konsumen dan menyediakannya bagi mereka.
•    B. Orientasi Jasa artinya pastikan semua orang di dalam organisasi mempunyai tujuan yang sama yakni untuk kepuasaan pelanggan.
•    C. Orientasi Laba artinya focus pada barang dan jasa yang akan menghasilkan laba terbanyak dan memungkinkan organisasi untuk bertahan dan melakukan perluasan untuk melayani lebih banyak keinginan dan kebutuhan konsumen.
3. Apa yang dimaksud dengan Manajemen Hubungan Pelanggan ?
jawab: Manajemen Hubungan Pelanggan adalah proses mempelajari sebanyak mungkin tentang pelanggan dan melakukan segala hal yang dapat anda lakukan untuk memuaskan mereka atau bahkan melebihi harapan mereka denga barang dan jasa.
4. Apa yang dimaksud dengan Produk ?
Jawab: Produk adalah barang fisik, jasa, atau ide yang memuaskan keinginan atau kebutuhan apapun untuk meningkatkan produk dimata konsumen, seperti merek.
5. Apa yang dimaksud dengan Nama Merek ?
Jawab:Nama Merek (Brand Name) adalah, kata, huruf, atau kelompok kata atau huruf yang     membedakan barang dan jasa satu penjual dengan barang dan jasa milik pesaing.
6. Apa yang dimaksud dengan Promosi ?
Jawab:Promosi (Promotion) terdiri atas semua tekhnik     yang digunakan penjual untuk memberi tahu orang – orang dan memotivasi mereka untuk membeli barang atau jasa mereka.
7. Apa yang dimaksud dengan Penelitian Pemasaran ?
Jawab:Penelitian Pemasaran (Marketing Research) adalah analisis pasar untuk menentukan peluang dan tantangan, dan untuk mencari informasi yang dibutuhkan untuk membuat keputusan yang baik.
8. Tuliskan langkah – langkah Proses Penelitian Pemasaran ! Proses Penelitian Pemasaran terdiri atas 4 langkah, antara lain?
Jawab:
•     A. Mendefinisikan pertanyaan dan menentukan situasi saat ini
•    B. Mengumpulkan data
•    C. Menganalisis data penelitian
•    D. Memilih solusi terbaik dan mengimplementasikannya
9. Apa yang dimaksud dengan Pemindaian Lingkungan ?
Jawab:  Pemindaian Lingkungan adalah proses pengindentifikasian factor – factor yang dapat mempengaruhi keberhasilan pemasaran.
10.    Apa yang dimaksud dengan Segmentasi Pasar ?
Jawab:Segmentasi Pasar adalah proses pembagian total pasar menjadi beberapa kelompok yang anggotanya memiliki karakteristik yang sama.

 

 

MATERI  4 (MEMPRODUKSI BARANG DAN JASA KELAS DUNIA)
1.sebutkan apa yang telah diberikan oleh pemanufaktur untuk menjadi lebih baik?
Jawab:berfokus pada pelanggan,memepertahankan hubungan erat dengan pemasok dan dengan perusahaan lain,berfokus kepadsa kualitas
2.apa yang dimaksud dengan produksi?
Jawab:produksi adalah pembuatan barang dan jasa yang sudah jadi dengan menggunakan faktor produksi
3.apa yang dimaksud dengan manjemen produksi?
Jawab:manajemen produksi adalah semua aktivitas yang dilakukan para manajer untuk membantu perusahaan mereka membuat barang
4.apa yang dimaksud dengan manajemen operasi?
Jawab:manajemen operrasi adalah area khusus didalam manajemen yang mengubah atau yang mentransformasi sumber
5.apa yang dimaksud dengan manufaktur proses?
Jawab:manufaktur proses adalah bagian proses     produksi yang secara fisik atau kimiawi mengubah bahan
6.apa yang dimaksud dengan proses perakitan?
Jawab:proses perakitan adalah bagian proses produksi yang menyatukan komponen
7.apa yang dimaksud dengan manufaktur ramping?
Jawab:manufaktur yang ramping adalah produksi barang dengan menggunakan segala sumber yang lebih sedikit ketimbang produksi masa
8.apa yang dimaksud dengan penyesuaian masa?
Jawab:penyesuaian masa adalah menyesuaikan produk untuk memenuhi kebutuhan pelanggan individu
9.apa yang dimaksud dengan lokasi fasilitas?
Jawab:lokasi fasilitas adalah proses pemilihan lokasi geografis untuk operasi perusahaan
10. apa yang dimksud dengan perencanaan mananjemen operrasi?
Jawab:perencanaan manjemen operasi adalah melibatkan banyak isu yang sama,baik dalam sektor manufaktur maupun sektor jasa.

 

 

Materi 5 (Manajemen Sumber daya manusia: Menemukan dan Mempertahankan Karyawan Terbaik)
1.    Sebutkan definisi dari manajemen sumber daya manusia?
    manajemen sumber daya manusia adalah proses penentuan kebutuhan sumber daya  manusia dan kemudian perekrutan,penyeleksian,pengembangan,pemotivasian,pengevaluasian,pemberian kompensasi dan penjadwalan karyawan untuk mencapai tujuan organisasional
2.Apa saja tantangan dan peluang yang ditemui dalam bidang sumber daya manusia?
    Kekurangan orang yang terlatih dalam bidang-bidang pertumbuhan di masa depan
    Banyaknya populasi pekerja yang terampil dan tidak terampil dari industri  yang mengalami penurunan
    Semakin meningkatnya presentase pekerja baru yang kurang terdidik dan tidak siap untuk pekerjaan dalam lingkungan bisnis zaman sekarang
3.Sebutkan  langkah-langkah apa saja yang dilibatkan dalam proses perencanaan sumber daya manusia?
    Mempersiapkan inventaris sumber daya manusia dari karyawan organisasi
    Mempersiapkan analisis pekerjaan
    Menilai permintaan sumber daya manusia
    Menilai persediaan masa depan
    Membuat rencana strategis
4.Sebutkan definisi dari analisis pekerjaan?
    Analisis pekerjaan adalah studi akan apa yang dilakukan oleh para karyawan yang memegang berbagai jabatan pekerjaan
5.Apa yang dimaksud dengan perekrutan?
    Perekrutan adalah rangkaian aktivitas yang digunakan untuk mendapatkan jumlah orang yang tepat yang memadai pada saat yang tepat
6.Apa yang dimaksud dengan seleksi?
    Seleksi adalah proses mengumpulkan informasi dan memutuskan siapa yang harus dipekerjakan dibawah garis pedoman hukum untuk kepentingan terbaik individu tersebut dan organisasi
7.Program pelatihan maupun pengembangan meliputi 3 langkah, sebutkan?
    Menilai kebutuhan organisasi dan ketrampilan karyawan untuk menentukan kebutuhan pelatihan
    Merancang aktivitas pelatihan untuk  memenuhi kebutuhan yang diidentifikasikan
    Mengevaluasi efektivitas pelatihan
8.Sebutkan definisi dari pengembangan manajemen?
    Pengembangan manajemen adalah proses melatih dan mendidik karyawan untuk menjadi manajer yang baik,dan terus memonitor kemajuan ketrampilan manajerial mereka.
9.Apa yang dimaksud dengan penilaian kinerja?
    Penilaian kinerja adalah evaluasi yang mengukur tingkat kinerja karyawan terhadap standar yang sudah ada untuk mengambil keputusan tentang promosi,kompensasi,pelatihan tambahan atau pemecatan
10.Mengapa  perekrutan menjadi semakin sulit ?
    Pelarangan hukum  memperumit praktek perekrutan dan pemecatan. Mencari karyawan yang tepat juga dapat dibuat lebih sulit apabila perusahaan dianggap sebagai tempat kerja yang tidak menarik

 

 

MATERI 6 (Manajemen Keuangan)
1.    Apa yang dimaksud dengan keuangan?
    Keuangan adalah fungsi dari sebuah bisnis yang menangani perolehan dana bagi perusahaan dan pengelolaan dana tersebut di dalam perusahaan.
2.    Sebutkan definisi dari Manajemen Keuangan?
    Manajemen Keuangan adalah pekerjaan mengelola sumber daya sebuah perusahaan agar dapat mencapai tujuan dan sasarannya.
3. Apa saja 3 penyebab utama bagi perusahaan untuk gagal secara keuangan?
    Kekurangan modal
    Pengendalian arus kas yang buruk
    Pengendalian biaya yang tidak memadai
4.    Sebutkan Langkah Perencanaan keuangan?
    Memproyeksikan kebutuhan keuangan, baik jangka pendek maupun jangka panjang
    Menyusun anggaran untuk memenuhi kebutuhan tersebut
    Mengembangkan kendali keuangan untuk melihat seberapa baik perusahaan dalam menjalankan hal-hal yang telah ditetapkan harus dilakukan
5.    Apa yang dimaksud dengan anggaran?
    Anggaran adalah rencana keuangan yang menjelaskan harapan-harapan manajemen atas pendapatan dan dengan dasar harapan-harapan tersebut,mengalokasikan penggunaan sumber daya tertentu di seluruh perusahaan
6.    Apa saja  yang termasuk tipe anggaran yang dikembangkan di dalam rencana keuangan perusahaan?
    Anggaran Modal
    Anggaran Kas
    Anggaran operasional
7.    Apa alasan perusahaan membutuhkan dana pendek?
    Memenuhi biaya bulanan
    Hal-hal darurat yang tidak diantisipasi
    Permasalahan arus kas
    Perluasan persedian yang ada
    Program promosi temporer
8.    Apa saja hal-hal yang dilakukan manajer keuangan?
    Manajer keuangan merencanakan,menganggarkan,mengendalikan dana,memperoleh dana,mengumpulkan dana,mengaudit,mengatur pajak, dan memberikan saran kepada manajer atas mengenai maslah-masalah keuangan
9.    Apa perbedaan antara pendanaan jangka pendek dan pendanaan jangka panjang?
    Pendanaan jangka pendek mengacu pada dana yang akan dilunasi dalam kurun waktu kurang dari satu tahun
    Pendanaan jangka panjang mengacu pada dana yang akan dilunasi selama periode waktu lebih dari satu tahun
10.Apakah perbedaan antara kredit dengan agunan dan kredit tanpa agunan?
    Kredit tanpa agunan tidak memiliki jaminan yang mendukungnya
    Kredit dengan agunan memiliki jaminan yang didukung oleh aset seperti piutang,persediaan atau properti bernilai lainnya.

 

 

MATERI 7 (Manajemen Inovatif di Masa Sulit)
1.Pengertian manajemen adalah ?
•    Manajemen adalah pencapaian tujuan-tujuan organisasional secara efektif dan efisien melalui perencanaan, pengelolaan, kepemimpinan, dan pengendalian sumber daya organisasional.
2.Sebutkan 4 fungsi dari manajemen?
•    1.perencanaan
•    2.pengelolaan
•    3.kepemimpinan
•    4.pengendalian
3.Apa yang  dimaksud dengan perencanaan ?
•    berarti mengidentifikasi berbagai tujuan untuk kinerja organsasi di masa mendatang serta memutuskan tugas dan pengunaan sumber daya yang diperlukan untuk mencapainya
4.Sebutkan defnisi dari organisasi,efektifitas dan efisiensi ?
•    Organisasi adalah suatu enttas sosial yang diarahkan oleh tujuan dan dibangun secara sengaja
•    Efektivitas adalah sejauh mana organisasi dapat mencapai tujuan yang di tetapkan atau berhasil mencapai apapun yang d coba dikerjakannya
•    Efisiensi adalah penggunaan sumber daya minmal (bahan baku,uang dan manusia) untuk menghasilan jumlah keluaran yang diinginkan
5.Keterampilan manajemen menjadi 3 kategori ,sebutkan !
•    Konseptual
•    Interpersonal
•    Teknis
6.Apa bedanya keterampilan konseptual dan keterampilan interpersonal ?
•    Keterampilan konseptual adalah kemampuan kognitif untuk melihat organsasi sebagai suatu sistem untuk berhubungan antar bagiannya
•    Keterampilan interpersonal adalah kemampuan untuk bekerja dengan dan melalui orang lain,serta bekerja secara efektif sebagai anggota intim
7.sebutkan 3 kategori konseptual dari pembagian peran !
•    informasi (mengelola informasi),
•    interpersonal (mengelola lewat orang lain) dan
•    keputusan (mengelola melalui tindakan
8.Apa yang dimaksud dengan manajer puncak ?
•    Berada di tingkat atas hierarki dan bertanggung jawab terhadap keseluruhan organisasi
9.Siapa saja yang di sebut dengan manajer puncak ?
•    Presiden
•    Direktur
•    Direktur eksekutif
•    Chief executive officer (CEO)
•    Wakil presiden eksekutif
10.Peran interpersonal membahas tentang apa ?
•    Berkenaan dengan hubungan dengan orang lain dan berkaitan dengan keterampilan interpersonal  yang telah di bahas

 

 

MATERI 8 (“Perencanaan Manajerial dan penetapan tujuan”)
1. Sebutkan Definisi dari Perencanaan?
•    Perencanaan adalah tindakan yang dilakukan untuk menentukan tujuan perusahaan
2. Apa saja yang termasuk dalam manfaat Tujuan dan rencana?
•    Legitimasi
•    Sumber motivasi dan komitmen
•    Alokasi sumber daya
•    Panduan Tindakan
•    Dasar pengambilan keputusan
•    Standar kinerja
3. Apa bedanya antara misi dan pernyataan misi?
•    Misi adalah Dasar keberadaan perusahaan
•    Pernyataan misi adalah gambaran umum tujuan yang membedakan suatu perushaan dari perusahaan lain yang sejenis
4. Teknik yang makin popular untuk menyesuaikan tujuan adalah membuat peta strategi,lalu apa yang dimaksud dengan Peta Strategi?
•    Peta strategi adalah gambaran visual dari faktor-faktor penting pendorong kesuksesan perusahaan yang menunjukkan hubungan antara tujuan dan rencana spesifik di setiap bidang
5.    Apa saja yang termasuk dalam Karakteristik Tujuan efektif?
•    Spesifik dan terukur
•    Memiliki jangka waktu yang pasti
•    Mencakup hasil-hasil penting
•    Menentang tetapi realistis
•    Dikaitkan dengan imbalan
6.    Apa yang dimaksud dengan Manajemen Bersasaran?
•    Manajemen bersasaran adalah system yang digunakan oleh manajer dan pegawai untuk menetukan tujuan bagi setiap Departemen,proyek,maupun personel,serta menggunakan mereka untuk memonitor kinerja selanjutnya.
7.    Sebutkan  4 Kegiatan utama untuk menyukseskan manajemen bersasaran?
•    Menetapkan Tujuan
•    Membuat rencana Tindakan
•    Mengevaluasi Kemajuan
•    Menilai kinerja secara keseluruhan
8.    Apa bedanya Rencana sekali pakai dengan rencana tetap?
•    Rencana sekali pakai adalah rencana yang dibuat untuk mencapai sejumlah tujuan yang kemungkinan tidak berulang di masa depan
•    Rencana Tetap adalah rencana berkelanjutan yang member panduan melakukan dan mengatasi tugas atau situasi yang terjadi secara berulang di perusahaan
9.    Sebutkan tahap-tahap penting dalam Perencanaan krisis?
–    Pencegahan
•    Membangun hubungan
•    Mendeteksi sinyal dari lingkungan
–    Persiapan
•    Membentuk tim manajemen krisis dan juru bicara perusahaan
•    Membuat rencana manajemen krisis terperinci
•    Membuat system komunikasi yang efektif
10. Sebutkan definisi dari Tujuan Abadi?
•    Tujuan Abadi adalah tujuan yang bersifat ambisius dan menarik serta menggugah perusahaan dan menginspirasi keunggulan

 

 

MATERI 9 (Perumusan dan pelaksanaan Strategi)
1.    Apakah Manajemen Strategis itu?
    Manajemen Strategis yaitu Serangkaian keputusan dan tindakan yang digunakan untuk merumuskan dan melaksanakaan strategi yang memungkinkan kesesuaian sangat kompetitif antara perusahaan dan lingkungannya sehingga dapat mencapai tujuan perusahaan
2.    Langkah pertama manajemen Strategis adalah mendefinisikan Strategi dan Keunggulan bersaing. Lalu apa yang dimaksud dengan strategi dan Keunggulan bersaing?
    Strategi adalah Rencana tindakan yang menerangkan tentang alokasi sumber daya serta berbagai aktivitas untuk menghadapi lingkungan,memperoleh keunggulan bersaing dan mencapai tujuan perusahaan
    Keunggulan bersaing adalah hal yang membedakan suatu perusahaan dari perusahaan lain dan memberi cirri khas bagi perusahaan untuk memenuhi kebutuhan pasar konsumen
3.    Sebutkan 3 tingkatan Strategi?
     Pada bidang usaha apa kita bergerak? Strategi tIngkat perusahaan
    Bagaimana cara kita bersaing? Strategi tingkat usaha
    Bagaimana kita mendukung strategi tingkat Usaha? Strategi Tingkat fungsi
4.    Apa bedanya perumusan strategi dan pelaksanaan strategi?
    Perumusan Strategi adalah tahap manajemen strategis yang melibatkan perencanaan dan pengambilan keputusan untuk mencapai tujuan perusahaan serta membuat rencana strategis spesifik
    Pelaksanaan strategi yaitu Tahap manajemen strategis yang melibatkan penggunaan sarana manajerial dan organisasional untuk mengarahkan berbagai sumber daya agar dapat mencapai tujuan strategis
5.    Apa yang dimaksud dengan analisis SWOT?
    Analisis SWOT adalah analisis terhadap kekuatan,kelemahan,peluang dan ancaman yang menentukan kinerja perusahaan
6.    Sebutkan definisi dari strategi Portifolio?
    Strategi Portofolio adalah Gabungan unit usaha dan lini produk perusahaan yang berpadu secara logis untuk memberikan sinergi dan keunggulan bersaing bagi perusahaan
7.     Sebutkan tujuan dari Diversifikasi?
    Tujuan Diversifikasi untuk memperluas usaha perusahaan dalam rangka menghasilkan berbagai barang dan jasa yang berharga
8.    Sebutkan 5 Kekuatan Kompetitif Porter?
    Potensi Pesaing baru
    Daya tawar pembeli
    Daya tawar Pemasok
    Ancaman produk pengganti
    Persaingan antar kompetitor
9.    Sebutkan definisi dari Globalisasi?
    Globalisasi adalah Standarisasi desain dan strategi pengiklanan produk di seluruh dunia
10.    Apa saja saran yang diberikan oleh Manager’s Shoptalk dalam menerapkan strategi?
    Kepemimpinan
    Rancangan Struktural
    Sistem Informasi dan Kendali
    Sumber daya Manusia

 

 

MATERI 10 (Merancang Organisasi yang Adaptif)
1.Sebutkan Definisi dari Struktur Organisasi?
–    Struktur organisasi adalah kerangka kerja dimana sebuah organisasi menentukan bagaimana membagi tugas menggunakan sumber daya dan mengkoordinasikan departemen-departemen
2.Apa yang dimaksud dengan spesialisasi kerja?
–    Spesialisasi kerja adalah kadar yang digunakan untuk membagi-bagi tugas –tugas organisasi menjadi pekerjaan-pekerjaan yang lebih spesifik
3.Sebutkan Definisi dari wewenang?
–    Wewenang adalah hak formal dan sah yang dimiliki seorang manajer untuk mengambil keputusan,memberikan perintah dan mengalokasikan sumber daya untuk meraih hasil yang dikehendaki organisasi.
4.Wewenang dibedakan menjadi 3 karakteristik, sebutkan?
–    Wewenang diemban dalam kaitannya dengan jabatan , bukan orang
–    Wewenang berlaku untuk bawahan
–    Wewenang berjalan dari atas ke bawah dalam hierarki vertikal
5.Pendekatan berikut ini dapat membantu setiap manajer melakukan delegasi dengan lebih efektif, sebutkan?
–    Delegasikan tugas secara keseluruhan
–    Pilihlah orang yang tepat
–    Pastikan bahwa wewenang sebanding dengan tanggung jawab
–    Berikan instruksi yang menyeluruh
–    Jagalah feedback
–    Evaluasi dan berikan penghargaan atas kinerja
6.Apakah perbedaan dari Struktur tinggi dan struktur datar?
–    Struktur tinngi memiliki lingkup sempit secara keseluruhan serta memiliki tingkatan hierarki yang lebih tinggi
–    Struktur datar memilki lingkup yang luas, tersebar secar horizontal, dan memiliki tingkatan hierarki yang lebih rendah
7.Sebutkan perbedaan dari sentralisasi dan desentralisasi?
–    Sentralisasi berarti bahwa wewenang dalam mengambil keputusan dipegang oleh jabatan-jabatan tinggi dalam sebuah organisasi
–    Desentralisasi bererti wewenang dalam mengambil  keputusan diturunkan pada tingkatan-tingkatan jabatan yang lebih rendah
8.Apa tugas dari Pendekatan Fungsional?
–    Mengelompokkan pegawai-pegawai berdasarkan tugas mereeka yang sama memungkinkan adanya efisiensi ekonomi dan penggunaan sumber daya secara efektif
9.Apakah kelebihan dan kekeurangan dari pendekatan struktur Fungsional?
–    Kelebihan:
•    Sumber daya yang efisien: skala ekonomis
•    Spesialis  dan pengembangan ketrampilan yang mendalam
•    Pengarahan dan pengadilan manajer puncak
–    Kekurangan:
•    Kurangnya komunikasi diantara departemen-departemen fungsional
•    Respons yang lambat terhadap perubahan eksternal, lambatnya inovassi
•    Keputusan dipusatkan dipuncak hierarki,sehingga menciptakan keterlambatan
10. Bagaimanakah manajer mengetahui jika dia baiknya merancang struktur  yang mengusung hierarki vertical vormal atau struktur yang mengusung komunikasi dan kolaborasi horizontal?
•    Jawabannya ada dalam tujuan –tujuan strategis organisasi.Struktur yang tepat dirancang agar sesuai strategis organisasi

 

 

MATERI 11 (Kepemimpinan)
1.    Sebutkan yang dimaksud dengan Kepemimpinan?
–    Kepemimpinan adalah kemampuan untuk memengaruhi orang lain guna mencapai tujuan organisasi
2.    Sebutkan perbedaan dari kerendahan hati dan arogansi?
–    Kerendahan hati berarti bersikap rendah hati dan tidak berpura-pura
–    Arogansi yaitu membanggakan diri sendiri
3.    Apakah perbedaan antara manajemen dan kepemimpinan?
–    Manajemen mengutamakan stabilitas,ketertiban dan pemecahan masalah di struktur dan system organisasi yang ada
–    Kepemimpinan berarti mempertanyakan status quo agar norma-norma using,tidak produktif atau tidak bertanggung jawab secara social dapat diganti guna memenuhi tantangan-tantangan baru
4.    Apa yang dimaksud dengan Karakter?
–    Karakter adalah cirri pribadi pemimpin yang menonjol seperti kecerdasan ,kejujuran ,kepercayaan diri Dan penampilan
5.    Dalam penelitian Ohio State,Pertimbangan adalah?
–    Pertimbangan masuk kategori perolaku berorientasi manusia dan sejauh mana sang pemimpin memikirkan bawahan ,menghargai pikiran dan perasaan mereka dan membangun rasa saling percaya
6.    Apakah perbedaan dari pemimpin berorientasi pegawai dan pemimpin berorientasi tugas?
–    Pemimpin berorientasi Pegawai untuk menyebut pemimpin yang menetapkan  tujuan berkinerja tinggi dan menampilkan periilaku suportif terhadap bawahan mereka
–    Pemimpin berorientasi tugas yaitu mereka yang cenderung lebih memperhatikan pemenuhan jadwal,penghematan biaya, dan efisiensi produksi daripada pencapaian tujuan dan kebutuhan manusiawi
7.    Apa saja hubungan antara gaya kepemimpinan dan kesiapan pengikut?
–    Gaya menyuruh
–    Gaya menjual
–    Gaya berpartisipasi
–    Gaya mendelegasikan
8.    Sebutkan Definisi dari pengganti?
–    Pengganti yaitu variabel situasi yang membuat gaya kepemimpinan tidak diperlukan atau berlebihan
9.    Menurut Robert R.Kelley mengadakan waawancara mendalam dengan para manajer beserta bawahan mereka dan menyimpulkan lima gaya pengikut yang dikategorikan menurut 2 dimensi, sebutkan?
–    Pengikut terasing
–    Konformis
–    Orang bertahan pragmatis
–    Pengikut pasif
–    Pengikut efektif
10. Sebutkan definisi dari Keberanian?
–    Keberanian yaitu kemampuan untuk menghadapi rasa takut dan bertindak menurut nilai-nilai dan nurani

 

 

MATERI 12 (Mengelola Kinerja dan Mutu)
1.    Siapakah cyberslacker itu?
–    Cyberslacker yaitu orang-orang yang menghabiskan sebagian dari jam kerjanya dengan mengirim email pribadi,belanja,mengunduh music dan video yang memakan cakupan yang tersedia dan terkadang membawa virus
2.    Apa saja yang termasuk dalam panduan untuk menciptakan kebijakan penggunaan yang dapat diterima yang efektiftetapi juga adil, berkenaan dengan penggunaan internet di tempat kerja?
–    Pastikan bahwa para pegawai memahami bahwa mereka tidak memiliki hak hokum atas privasi ditempaat kerja
–    Buat kebijakanpenggunaan  internet tertulis
–    Jelaskan proses pendisiplinannya
–    Tinjau kembali kebijakan pada jangka waktu tertentu
3.    Sebutkan definisi dari Kontrol organisasi?
–    Kontrol organisasi adaalah proses sistematis dalam mengatur aktivitas organisasi agar tetap konsisten dengan penharapan yang telah dibangun dalam rencana, target,dan standar kinerja
4.    Apa saja yang termasuk dalam langkah-langkah control umpan balik?
–    Membangun standar kinerja
–    Mengukur kinerja yang ada
–    Membandingkan kinerja dengan standar
–    Melakukan tindakan korektif
5.    Sebutkan definisi dari Pusat tanggung jawab?
–    Pusat tanggung jawab adalah sebuah unit organisasi dibawah pengawasan seorang pegawai yang bertanggung jawab atas aktivitas organisasi(departemen atau unit)tersebut
6.    Apakah tujuan dari laporan keuangan?
–    Laporan keuangan memmberikan informasi dasar yang digunakan untuk melekukan control keuangan dari sebuah organisasi
7.    Apakah perbedaan dari control hierarki dan control desentralisasi?
–    Control hierarki dilakukan dengan cara mengawasi dan memengaruhi perilaku pegawai secara ekstensif dengan menggunakan aturan , kebijakan,hierarki wewenang,documentasi tertulis,system pemberian penghargaan,dan mekanisme formal lainnya
–    Kontero desentralisasi didasarkan pada nilai-nilai dan asumsi yang hampir berlawanan dengan dasar-dasar control hierarki
8.    Sebutkan definisi dari six sigma?
•    Six sigma adalah pendekatan kendalai mutu yang memperhitungkan segala hal dan menekankan pengajaran yang disiplin dan gigih untuk mencapai kualitas yang lebih tinggi serta biaya yang  lebih rendah
9.    Jelaskan yang dimaksud dengan Standar  ISO 9000?
•    Standar  ISO 9000 adalah standar yang merupakan hasil dari consensus internasional tentang syarat manajemen kualitas yang baik, sebaigamana diuraikan oleh international organization for standardization
10.     Sebutkan yang termasuk system control keuangan baru?
•    Pertambahan nilai ekonomia(EVA)
•    Pertambahan nilai pasar(MVA)
•    Pembiayaan berbasis aktivitas (ABC)
•    Tata kelola perusahaan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code class="" title="" data-url=""> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong> <pre class="" title="" data-url=""> <span class="" title="" data-url="">